Filosofi

Selasa, 04 September 2012


 Tahukah anda apa itu filosofi? Filosofi sebenarnya diambil dari bahasa belanda, dan dalam bahasa indonesia dikenal dengan filsafat. Dalam artian yang sempit kata “filosofi” merupakan pola berfikir manusia, prinsip hidup, ataupun cara berfikir manusia yang timbul karena peristiwa fenomena-fenomena kehidupan yang telah mereka alami.

Namun setiap manusia pastinya tidak akan pernah punya pola pikir yang sama. Dalam hal ini saya ingin menguak betapa pentingnya “filosofi” dalam kehidupan agar setidaknya mempunyai sebuah pegangan hidup yang positif. Bagi sebagian orang, filosofi digunakan sebagai panutan hidup ataupun prinsip, namun ada juga sebagian manusia yang mengabaikannya dan menjalani hidup layaknya air mengalir sehingga tidak ada target maupun tujuan hidup. Adapula manusia yang sebagian manusia yang memeganya terlalu kuat sehingga membuat ia semakin keras dan makin keras.
Berdasarkan sumber yang saya baca terdapat “3 sifat manusia ditinjau dari filosofi”, yaitu : orang yang lemah, orang yang netral dan orang yang keras.
Orang lemah adalah orang yang tidak mempunyai tujuan hidup dan ia tidak berusaha mencari jawaban atas fenomena hidupnya sehingga kadang baik ataupun buruk tetap ia jalani.
 Orang netral adalah orang yang mempunyai prinsip dan tujuan hidup, namun tidak mengukuhinya teralu kuat namun ia sudah dapat membedakan mana yang perlu dan mana yang tidak perlu.
Orang keras adalah orang yang kuat tujuan dan prinsip hidupnya namun ia mempunyai pandangan yang kaku dan merasa lebih unggul dari orang lain.
Nah coba pikirkan sejenak anda termasuk orang yang mana? Jika anda pernah bertanya dalam hati, “Apa tujuan saya hidup”, “Apa yang harus saya perbuat” dan “Bagaimana caranya” itu berarti anda sedang mencari sebuah filosofi ataupun munkin jatidiri.
Sebagai contoh adalah “harga diri” sebagian orang mengabaikan harga dirinya sehingga ia tidak mempunyai wibawa di mata orang lain, sebagian lagi mementingkan harga dirinya dan berusaha menjaga agar tidak diinjak-injak oleh orang lain namun ini masih bersifat normal, dan sebagian ada juga yang menjunjung tinggi harga dirinya sehingga ia rela mati jika sudah merasa tidak punya harga diri, pada kasus ini dapat di contohkan pada masyarakat jepang.
Sebagian dari mereka akan bunuh diri jika merasa menjadi “sampah” ataupun tak punya harga diri lagi. Agar anda tidak salah memilih filosofi ataupun pegangan hidup berikut ini garis besar yang dapat anda pilih, berdasarkan sumber yang saya baca. :
Pastikan pondasi paling bawah dari filosofi hidup anda adalah “Agama”, karena dari agama sudah bisa menjadi benteng pertahanan dari pola-pola pemikiran yang menyimpang.
Bangunlah kepercayaan diri, karena kepercayaan diri merupakan salah satu faktor penentu sukses atau gagal diri anda. Namun jangan sampai juga mempunyai kepercayaan diri yang berlebihan, sebaiknya renungi lagi apa kelebihan dan kekurangan anda.
Carilah jawaban atas fenomena-fenomena kehidupan yang anda alami, kaji ulang apakah ada yang salah atau mengapa bisa begitu. Dan jangan malu bertanya kepada orang lain yang lebih pengalaman.
Lihatlah dan amati orang-orang sekitar anda, dari situ dapat dilihat karakter setiap orang dan sebagian filosofi dari mereka akan menimbulkan cara berperilaku.jika perilaku yang menyimpang dapat disimpulkan bahwa mereka punya filosofi yang salah, namun jika perilaku mereka masih dalam kaidah-kaidah umum berperilaku berarti mereka punya filosofi yang cukup baik.
Marilah bersama mencari kebahagiaan dengan cara masing-masing


Jauhkan Filosofi TIME IS MONEY , Beralih lah Ke TIME IS HEAVEN
Nikmatilah setiap waktu anda dengan kesadaran bahwa Tuhan telah memberikan anugerah jiwa raga, anugerah rasa hati, anugerah naluri pikiran, anugerah peluang dan kesempatan, anugerah hidup dan kehidupan, anugerah berbagai fasilitas kenikmatan yang terhampar luas di bumi ini. Sehingga dengan berbagai anugerah kenikmatan yang telah Tuhan berikan itu, sudah selayaknya kita bersyukur, yaitu dengan menjadikan semua itu sebagai kenikmatan bagi diri dan bagi diri-diri yang lainnya. Jadikanlah setiap waktu yang ada, detik demi detik yang akan kita lewati sebagai anugerah surga dari Tuhan Yang Maha Tunggal.
Rubahlah filosofi anda tentang waktu yang menyatakan bahwa waktu adalah uang (time is money) dengan filosofi waktu adalah surga (time is heaven), karena filosofi adalah pandangan hidup, sudut pandang, paradigma dan keyakinan yang sangat menentukan baik dan buruknya kehidupan yang kita alami dan dapatkan. Karena filosofi adalah keyakinan yang memerintahkan energi yang ada di dalam jiwa raga agar bekerja dan berfungsi mengikuti keyakinan tersebut.
Dengan filosofi yang menyatakan bahwa waktu adalah uang, secara otomatis hati dan pikiran pun akan selalu tertuju kepada uang, dan jika yang selalu ada di dalam hati dan pikiran adalah uang, maka hati dan pikiran pun akan menjadi sempit dan kerdil, karena hati dan pikiran dipenuhi dengan uang. Tidak ada ruang bagi yang lainnya, kecuali hanya uang, uang dan uang. Segala sesuatunya diukur dengan uang, kebahagiaan diukur dengan uang, keamanan diukur dengan uang, keselamatan, kesehatan, kenikmatan diukur dengan uang, derajat, kedudukan dan pangkat diukur dengan uang.
Sehingga tidak mampu melihat, mendengar, memahami dan merasakan bahwa bumi alam semesta raya yang maha luas ini adalah Taman Surga yang telah menumbuhkan berbagai fasilitas kenikmatan hidup yang maha luas tak terbatas, dimana uang hanyalah bagian yang sangat kecil dari berbagai fasilitas kenikmatan yang terhampar luas di bumi ini.
Filosofi Waktu adalah Uang hanya akan mempersempit ruang gerak, membatasi kebebasan bergerak, berkarya dan berinovasi. Namun dengan anda merubah filosofi waktu anda dengan penuh keyakinan bahwa Waktu adalah Surga, maka anda pun akan cerdas dalam menyikapi dan memanfaatkan setiap waktu anda dengan rasa syukur yang tinggi, yaitu menikmati setiap waktu, peluang dan kesempatan yang ada.
Dengan anda menikmati setiap waktu anda, maka otomatis pikiran menjadi jernih, hati menjadi lapang, gerak menjadi bebas, hasil karya pun menjadi berkualitas tinggi. Minimalnya anda telah bersyukur dengan benar, baik dan sejati, karena telah menikmati anugerah waktu yang telah Tuhan berikan kepada anda. Dan anda pun akan menjadi orang yang ahli syukur, yang otomatis akan membawa anda kepada kehidupan surga di dunia dan di akhirat.

BERIKUT ADALAH KUTIPAN-KUTIPAN  FILOSOFI HIDUP

<Di dalam kehidupan ini, ketika kita senang tidaklah sulit mencari teman bila dibandingkan saat kita susah atau kurang beruntung, maka siapapun yang tetap berada di sisi kita, walaupun saat kita kesusahan/kemiskinan, hargailah ia sepanjang masa.
Banyak yang tahu cara menghasilkan uang, tetapi tidak mengetahui cara mengelolanya,itulah cikal bakal kemiskinan>

Berhati-hatilah dengan uang, ia seperti air asin. Semakin banyak diminum semakin hauslah anda. Gunakan hidup yang begitu singkat dan berharga ini dengan kebajikan sebelum terlambat.>

Saya adalah pejalan yang lambat tetapi saya tidak pernah berjalan mundur. Kecepatan itu hanya penting apabila kita berjalan di jalan dan arah yang benar. Kita tidak boleh membiarkan diri kita diburu-buru oleh keadaan apapun ke dalam suatu tindakan yang ceroboh.>

 <Apa yang bisa dibeli dengan uang : 
1. Ranjang, bukan tidur 
2. Buku, bukan pengetahuan 
3. Makanan, bukan selera 
4. Perias wajah, bukan kecantikan 
5. Bangunan, bukan rumah 
6. Obat, bukan kesehatan 
7. Kemewahan, bukan kenyamanan 
8. Kesenangan, bukan kebahagiaan> 

<Belajarlah bagaimana memberi tanpa ragu-ragu, bagaimana kehilangan tanpa menyesal, dan bagaimana memperoleh tanpa kepicikan> 

 <Ukuran tubuhmu kurang penting, ukuran otakmu agak penting, ukuran hatimu adalah yang paling penting>

<Uang bukanlah tujuan, meskipun butuh uang, tetapi uang bukanlah segala-galanya. Uang adalah sarana untuk melakukan kebajikan.> 

<Jangan berdoa agar hidup menjadi lebih mudah untuk anda, berdoalah anda dijadikan orang yang lebih kuat.>

<Hati adalah sebuah taman. Ia dapat menumbuhkan belas kasihan atau ketakutan, kebencian atau cinta kasih. Semua tergantung pada benih yang anda tanam>


<3 hal yang harus dimusnahkan : Bohong, selingkuh, mata duitan>


<Teruslah melangkah di jalan manapun yang membuatmu bahagia dan yang kita yakini benar dan gunakan iman sebagai pedoman>


<Jangan salahkan orang lain memberi harapan, salahkan diri sendiri yang terlalu berharap>


<Kenalilah aku dari diriku, jangan dari orang lain, karena tak semua orang berkata benar tentang aku>


<Cinta itu seperti rumah,tidak perlu mewah cukup mempunyai 4 tiang,kejujuran,kesetian,keiklasan dan kasih sayang>


<Kehidupan ibarat mawar jika anda tidak pandai memetiknya, anda akan terkena durinya>


<Ambil pelajaran dari masa lalu, tinggalkan sisanya. Jangan biarkan belenggu kesedihan menutup jalanmu menuju masa depan.>


<Jangan mencintai seseorang seperti bunga, karena bunga mati kala musim berganti. Cintailah mereka seperti udara , karena udara akan selalu ada sampai hari akhir tiba>


<Tidak ada bencana yang melebihi ketidakpuasan, tidak ada dosa yang melebihi keserahkahan>


<Silahkan orang memukul, aku tak terpukul. Silahkan orang melukai, aku tak terluka. Silahkan orang menyakiti, aku tak tersakiti........aku Udara.
Pelajarilah filosofi udara>


<Kedamaian pikiran tidak dapat diperoleh dari menangis dan meratap, justru sebaliknya, tindakan itu akan membawa menuju penderitaan yang lebih besar dan rasa sakit yang mendalam> 


0 komentar: